21/07/09

semua k'rena kuesioner (part3)

6th day
mendekati hari-hari akhir di Ngawi..dengan semangat khusus yang berbeda dari hari-hari sebelumnya, saya bersiap pagi itu dengan busana warna cerah yang semoga bisa mengundang responden-responden untuk mendekat dan berinteraksi demi kuesioner yang masih tersisa..

perjalanan kali ini berbeda dari rute biasanya, saya memutuskan untuk beranjak dari puskesmas terdekat dan melaju dengan penuh percaya diri ke daerah Ngawi Purba..entah mengapa namanya demikian, sayang saya tidak sempat menggali informasi dari penduduk setempat..

bersama teman seperjuangan saya menuju lokasi dengan berbekal peta bayangan..memasuki daerah Ngawi purba sekilas hanya pohon-pohon dan truk-truk besar yang berjalan mendahului kami..entah berapa lama kami melaju hingga akhirnya bertemu sebuah pasar yang disebut pasar cilik oleh warga setempat..dan disitulah kami bergerilya..mencari responden untuk kuesioner yang tersisa..

satu..dua..dan akhirnya empat kuesioner terisi di sepanjang perjalanan..ada satu hal yang saya dapatkan hari ini..ternyata begitu pelik masalah yang seringkali dihadapi banyak kaum marjinal di luar sana..dari satu bidang saja yang menjadi bahan penelitian saya, sudah begitu banyak persoalan dan dilema kehidupan yang sempat saya rekam dalam ingatan..ketika membagikan kuesioner, pada awalnya pikiran saya hanya terpaku pada bagaimana caranya agar semua kuesioner dapat terisi hari ini sehingga pekerjaan saya lekas usai, namun setelah berbincang dari hati ke hati dengan para responden.. saya dapatkan pelajaran lain yang lebih menyentuh hati saya..pelajaran hidup yang tidak mungkin saya dapatkan di bangku kuliah saat ini..

Akhirnya, hari ini usai dengan empat kuesioner yang telah terisi..sisa lima kuesioner kosong telah diambil alih oleh partner tim..dan tampaknya sudah berhasil terisi pula..

Finally..tuntas sudah tugas saya untuk 25 kuesioner dalam proyek ini..

7th day
Satu hari menjelang kepulangan kami ke Yogyakarta..dengan perasaan lega akhirnya saya memutuskan untuk menikmati hari terakhir ini dengan jalan-jalan keliling Ngawi. Dan entah bagaimana alurnya, lagi-lagi nasib membawa saya kembali ke Ngawi purba..misi hari ini tak ada hubungannya dengan tugas saya yang telah usai, namun demikian tetap saja perjalanan kami tak lepas dari kuesioner dan responden.


Tanpa terasa..esok adalah hari terakhir kami di Ngawi..
semoga menjadi kenangan berharga untuk hari-hari kedepan yang semakin berwarna..untuk semua rekan dalam perjalanan "Ngawi Menggila.." semoga senantiasa sukses dan ceriaa.. (for : mas danang, mas rifqi, mas adit, mas muh, mata',richo,bowo,ridho,mbak pewe, mba nurii, mada, dhea,iza, dan arda..)..



Sebagai penutup dalam sebaris catatan perjalanan ke Ngawi, saya utarakan sebuah keyakinan baru yg lambat laun muncul dalam sepekan ini, keyakinan akan totalitas, keikhlasan, dan berpikir positif. Tidak ketinggalan, kesadaran akan kewajiban untuk berkarya dan berkontribusi turut pula melengkapi akhir hari ini untuk sebuah awal yang menjanjikan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar